Wujudkan Pelayanan Prima, Pengadilan Negeri Prabumulih Selenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima

.

Foto Sosialisasi

 

 

PRABUMULIH. Jumat, 04 Mei 2018, Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pelayanan publik kepada para pencari keadilan merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.Hal ini dikarenakan keberhasilan pelayanan publik ditentukan pada sejauh mana kemampuan sumber daya manusia, dalam hal ini aparatur pengadilan, berorientasi pada terpenuhinya kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, penting dilaksanakannya kegiatan yang dapat mendukung peningkatan kemampuan dan ketrampilan dalam pelayanan. Untuk mewujudkannya maka diadakan kegiatan dalam bentuk Training Pelayanan Prima. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan Aktualisasi Cakim Pengadilan Negeri Prabumulih, Indah Yuli Kurniawati, S.H. Kegiatan ini diwujudkan bertajuk “How to Deliver Excellent Service” yang diselenggarakan pada Jumat, 4 Mei 2018 lalu, memperoleh dukungan dari Pimpinan Pengadilan Negeri Prabumulih mengingat guna pencapaian salah satu program kerja Reformasi Birokrasi Area Ke-V yaitu Pelatihan dan Pembinaan petugas PTSP. Seperti yang diketahui bahwa PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) merupakan garda terdepan pelayanan institusi terhadap masyarakat/ pencari keadilan. Demikian disampaikan oleh Ibu Wahyu Iswari, S.H.,M.Kn, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara tersebut.

Lebih lanjut, Ibu Wahyu Iswari, S.H., M.Kn juga menekankan pentingnya kemampuan memberikan pelayanan prima kepada seluruh pegawai dan staff sebagai peserta pelatihan.Kemampuan memberikan pelayanan prima adalah hal yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi saat ini. Hal ini mutlak harus dimiliki oleh seluruh aparatur peradilan di Pengadilan Negeri Prabumulih. Mulai dari tingkat paling rendah sampai ke tingkat tertinggi. Semua harus mampu memberikan pelayanan prima. Karena pada dasarnya semua individu yang ada di pengadilan adalah seorang pelayan masyarakat,” tegas Ibu Wahyu Iswari, S.H., M.Kn. 

Kegiatan Pelatihan Pelayanan Prima ini merupakan salah satu bentuk kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Pengadilan Negeri Prabumulih.Pada kesempatan pelatihan kali ini, mengundang narasumber Aisyah dari Bank BTN Kantor Cabang Palembang. Berikut capaian Prestasi yang sudah ditolehkan oleh narasumber:

-       Best customer service se-Nasional Bank BTN Thn 2014/ 2015

-       Best PIC Service se-Nasional Bank BTN Thn 2015/ 2016

-       Best PIC Service se-Nasional Bank BTN Thn 2016/ 2017

-       Tim Service Quality untuk pemenangan MRI Thn 2017/2018 Bank BTN secara Nasional.

 

Aisyah, yang sudah malang melintang dalam dunia customer service perbankan, memberikan tips dan trik bagaimana memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan pengadilan.

Menurut Aisyah, mewujudkan pelayanan yang prima didasarkan pada 2 (dua) aspek yaitu aspek teknis dan non-teknis.Aspek teknis meliputi kemampuan kita dalam menguasai substansi informasi dan segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi pengadilan.“Oleh karenanya, menjadi petugas pelayanan harus berwawasan luas, menguasai substansi informasi yang ada, dan mengerti secara detail akan tugas dan fungsi pengadilan dalam pelayanan masyarakat,” terang Aisyah.

Selain aspek teknis, aspek non-teknis juga tidak kalah pentingnya.Aspek non-teknis ini meliputi aspek penampilan mulai dari busana yang digunakan haruslah serasi sampai dengan bahasa tubuh yang diperlihatkan adalah bahasa tubuh yang meyakinkan masyarakat.“Aspek non-teknis ini adalah aspek yang paling sering diabaikan namun berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.Oleh karenanya prinsip 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun, adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” lanjut Aisyah.

Kegiatan pelatihan ini mendapatkan respon yang positif dari para peserta. Salah satu tanggapan positif diberikan oleh Ibu Tri Lestari, S.H, Hakim Pengadilan Negeri Prabumulih sekaligus mentor dari pelaksana kegiatan. “Kita bersyukur ada pelatihan yang seperti ini.Apalagi narasumbernya dari Bank BTN yang dikenal luas memiliki reputasi yang baik dalam pelayanan kepada nasabahnya.Harapan saya semoga dengan adanya pelatihan ini, seluruh aparatur yang ada di Pengadilan Negeri Prabumulih semakin trampil dan terlatih dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” kata Ibu Tri Lestari, S.H.

Hal senada disampaikan oleh Indah Yuli Kurniawati, S.H. selaku Calon Hakim Pengadilan Negeri Prabumulih yang menjadi pelaksana kegiatan.“Saya senang sekali dapat merealisasikan program kegiatan aktualisasi saya, terlebih kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Pimpinan Pengadilan Negeri Prabumulih. Pelatihan semacam ini dapat membuka wawasan saya bahwa ternyata ada banyak aspek yang mempengaruhi dalam pelayanan masyarakat. Terutama aspek non-teknis yang sering sekali diabaikan oleh kita.Selain itu saya harap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pengembangan SDM guna pelayanan terhadap masyarakat oleh institusi,” jelas Indah.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari Pengadilan Negeri Prabumulih yang diberikan oleh Ibu Wahyu Iswari, S.H.,M.Kn, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih kepada Aisyah selaku Narasumber dari Bank BTN Kantor Cabang Palembang diiringi ucapan terima kasih atas materi yang disampaikan. “Kami berterima kasih karena Ibu Aisyah dari Bank BTN telah berkenan membagikan ilmunya. Insya Allah banyak hal yang akan kami tingkatkan lagi. Semoga dengan pelatihan hari ini kita semua dapat mengambil banyak pelajaran demi peningkatan kualitas pelayanan di Pengadilan Negeri Prabumulih yang kita cintai ini,” tutup Ibu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih.