Pengadilan Negeri Prabumulih Laksanakan Pengumpulan Kuesioner Survei Kepuasan Masyarakat

.

Foto Pengisian Kuesioner

 

 

PRABUMULIH. Selasa, 10 April 2018 Lembaga pelayanan publik, termasuk dalam hal ini Pengadilan Negeri Prabumulih, sangat membutuhkan informasi, termasuk saran, masukan, dan kritik yang konstruktif dari seluruh lapisan  masyarakat dengan harapan mampu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan peradilan yang  berjalan dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pencari keadilan, Pengadilan Negeri Prabumulih mengadakan survei kepuasan masyarakat.

Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, Said Husein, SH, mengatakan bahwa Survei Kepuasan Masyarakat  ini adalah suatu hal yang sangat penting di era keterbukaan seperti sekarang ini. “Kepuasan masyarakat terhadap kinerja lembaga peradilan merupakan suatu hal yang utama dalam rangka mewujudkan visi Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu menjadi peradilan yang agung. Dengan adanya kebebasan berpendapat di era demokrasi seperti sekarang ini, masyarakat sebagai objek dalam pelayanan peradilan memiliki hak untuk turut serta menyampaikan aspirasi berupa saran, kritik, dan masukan kepada lembaga peradilan di semua tingkatan wilayah. Karena itulah maka survei ini kami laksanakan,” tegas Bapak Said Husein, SH.

Mohd. Sobirin, SH, selaku Panitera Muda Hukum sekaligus Ketua Tim Survei, mengatakan bahwa survei kepuasan masyarakat ini telah berjalan sejak bulan Januari 2018 dan berakhir di bulan April 2018. “Survei ini dilaksanakan secara berkala, terakhir dilaksanakan di Bulan Desember 2017. Oleh karenanya kami lakukan lagi untuk periode Januari sampai dengan April 2018 ini,” kata Mohd. Sobirin.

Lebih lanjut, Mohd Sobirin mengatakan bahwa survei ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap lembaga pelayanan publik, sebagaimana amanat dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. “Kami menganggap survei ini sangat penting, agar supaya pimpinan Pengadilan Negeri Prabumulih dapat mengetahui bagaimana pendapat masyarakat selama ini terhadap pelayanan yang telah diberikan. Kalau ada saran dan kiritik dari masyarakat, selama itu untuk perbaikan ke depan, akan jadi bahan pertimbangan dalam kebijakan pimpinan,” lanjut Mohd. Sobirin, SH.

Survei ini dilaksanakan dengan metode tatap muka langsung dengan instrumen angket/kuesioner. Adapun responden yang ditargetkan berjumlah 60 (enam puluh) orang atau meningkat 100% dari responden periode yang lalu. “Responden kami tingkatkan dua kali lipat agar supaya data survei lebih representatif,” tandas Mohd.Sobirin, SH.

Dalam survei kepuasan masyarakat ini, terdapat 15 (lima belas) ruang lingkup pelayanan publik yang di survei, yaitu: Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Perilaku Pelaksana, Sarana dan Prasarana, Spesifikasi Jenis Layanan, Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan, Maklumat Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Integritas Pelaksana, Biaya Pelayanan, Panduan Informasi, Akses Difabel, Prodeo, Bantuan Buta Huruf. Adapun responden yang ditargetkan adalah Advokat/Pengacara, Penyidik/Kepolisian, Jaksa/Penuntut Umum, Terdakwa, dan tentu saja masyarakat pencari keadilan yang mendapatkan pelayanan di Pengadilan Negeri Prabumulih.