Penigkatan Kualitas SDM Melalui Motivational And Spritual Building Training

.

 

Foto Bersama

PRABUMULIH. Jumat, 25 Mei 2018,. Pengadilan Negeri Prabumulih selenggarakan kegiatan peningkatan kualitas SDM melalui Spiritual Building Training dengan tema “Sumber Daya Insani yang Unggul Spiritual Guna mewujudkan Badan Peradilan yang Agung”. Kegiatan ini menghadirkan Bapak  Yasuri Dalimonte, S.Ag dari Kantor Kementerian Agama Kota Prabumulih sebagai narasumber kegiatan. Terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud dukungan Pimpinan Pengadilan Prabumulih terhadap program kegiatan aktualisasi oleh Calon Hakim PN Prabumulih, sdri. Indah Yuli Kurniawati, S.H.

 

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, Bapak Said Husein, S.H. dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia secara spiritual di Pengadilan Negeri Prabumulih, terlebih kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan momentum bulan Ramadhan Tahun 1439 H. “Saya sebagai Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih sanggat  bangga diberikan amanah untuk mendidik anak-anak Calon Hakim yang masing-masing memiliki program kegiatan yang luar biasa menarik dan bermanfaat bagi institusi. Salah satunya adalah kegiatan ini, selain guna mendukung program kegiatan cakim yang bersagkutan tapi juga memberikan manfaat bagi pengembangan mental sumber daya manusia secara keseluruhan baik staff maupun pegawai di Pengadilan Negeri Prabumulih, sehingga diharapkan dengan semakin terbinanya kualitas mental maka semangat kinerja dan tanggung jawab terhadap pekerjaan semakin terpupuk, dengan demikian dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih optimal” ujar Bapak Said. Dukungan lain diutarakan oleh  Ketua Panitia Kegiatan yang ditunjuk, Bapak Chandra Ramadhani, S.H.,M.H. sebagai salah satu Hakim di Pengadilan Negeri Prabumulih turut menyampaikan dukungan dan apresiasinya pada kegiatan tersebut. “Saya senang bisa dilibatkan dalam kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi institusi dan mendapatkan nilai amalan yang baik di bulan suci Ramadhan ini” Kata Pak Chandra.

 

 

 

Hal senada juga di ungkapkan oleh Ibu Tri Lestari, S.H.  hakim sekaligus mentor yang ditunjuk memberikan pendapat apresiasinya terhadap kegiatan ini “Saya senang kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh untuk dapat dilaksanakan secara rutin selepas berakhirnya masa habituasi cakim yang bersangkutan” Jelas Ibu Tri.

 

Dalam paparannya, Bapak Yasuri Dalimonte menjelaskan pentingnya fondasi agama dalam mewujudkan insan yang unggul secara spiritual. Agama secara universal menjadi landasan yang penting dalam membentuk mental individu sebagai wujud khalifah /wakil Pemerintah dalam memberikan jaminan pemenuhan hak-hak masyarakat yang tertuang pada Aturan Dasar Negara maupun agama. Sehingga intitusipun memiliki andil dan tanggung jawab yang besar pula untuk membangun mental sumber daya insani sebagai ujung tombak tercapainya visi misi institusi. Membangun karakter sumber daya insani tidak hanya melalui kegiatan ataupun penerapan aturan ketat secara tertulis, melainkan dapat dimulai dengan memberikan kesadaran akan tanggung jawab pekerjaan, keihlasan dan menjadikan pekerjaan tidak hanya semata untuk media mencari rezeki akan tetapi juga sebagai ladang ibadah dan amal shalih. Dengan demikian, maka intitusi dapat mewujudkan visinya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan menjadi badan peradilan yang agung.

 

 

 

Pada akhir kegiatan, dibuka sesi tanya jawab. Pada kesempatan ini dimanfaatkan oleh Pegawai, Staff dan Jajaran Pimpinan untuk bertanya seputar nilai-nilai ibadah. Beberapa peserta yang antusias antara lain, Panitera Pegadilan Negeri Prabumulih, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, Cakim Pengadilan Negeri Prabumulih hingga staff  sehingga sesi ini menjadi diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber yang menjadikan kegiatan ini dapat tercapai tema yang diharapkan. Setelah sesi tanya jawab berakhir maka kegiatan ini di tutup dengan pembacaan doa dan ucapan syukur dari Jajaran Pimpinan , Staff dan Pegawai Pengadilan Negeri Prabumulih. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi pembangunan mental karakter  semua unsur  dalam organisasi dan keberkahan Ramadhan di Pengadilan Negeri Prabumulih.