PERINGATAN HARI ULANG TAHUN MAHKAMAH AGUNG RI KE-73: APARATUR PENGADILAN NEGERI PRABUMULIH SIAP MEMASUKI ERA BARU PERADILAN MODERN

.

 

 

Foto Upacara HUT MA RI

 

PRABUMULIH. Minggu, 19 Agustus 2018. Dalam rangka memperingati HUT MA RI ke-73 serta menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1074/SEK/HM.01.2/08/2018 tanggal 9 Agustus 2018,  Pengadilan Negeri Prabumulih menggelar Upacara HUT MA RI ke-73 ini yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih dan diikuti oleh para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, CPNS/Calon Hakim, serta karyawan-karyawati Pengadilan Negeri Prabumulih.

Dalam sambutannya, Bapak Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, Said Husein, S.H., mengatakan bahwa peringatan HUT MA RI ke-73 ini haruslah menjadi momentum bagi kita semua dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Pelayanan di era globalisasi ini ditandai dengan adanya penerapan teknologi dan informasi dalam banyak aspek layanan. Jadi kita sebagai aparatur peradilan siap dengan tantangan itu. Kita tidak boleh Gaptek ­–gagap teknologi,red- dalam memasuki era peradilan modern seperti saat ini,” tutur Bapak Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih.

 

 

Dalam rangka Peringatan HUT MA RI ke-73. Adapun tema peringatan hari ini adalah ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASI TEKNOLOGI INFORMASI. “Tema ini harus memacu kita semua untuk lebih adaptif dengan sistem yang berbasis elektronik untuk menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” kata Bapak Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih.

 

 

Selepas upacara dilaksanakan, Panitia Penyelenggara Lomba Peringatan HUT RI ke-73 mengumumkan para pemenang lomba yang telah berlangsung pada tanggal 10 Agustus 2018 yang lalu. Para pemenang mendapatkan beragam hadiah, dan pemotongan Kue oleh Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih

Selanjutnya, beberapa Hakim dan Pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri Prabumulih menyampaikan kesannya terhadap peringatan HUT MA RI ke-73 ini. Salah satunya adalah Bapak Chandra Ramadhani, S.H., M.H, Hakim Pengadilan Negeri Prabumulih. Menurutnya, peringatan HUT MA RI ke-73 dengan tema seperti ini harus memacu kita untuk lebih serius dengan perkembangan teknologi. “Teknologi bukanlah ancaman, melainkan sebagai sebuah alat untuk mempercepat kinerja kita dalam memberikan layanan keadilan bagi masyarakat,” tegas Bapak Chandra Ramadhani, S.H., M.H.

Senada dengan Kasubbag Umum dan Keuangan, Bapak M.Kamil Setiadi, ST juga menuturkan pendapatnya. Menurutnya, pemanfaatan teknologi harus dilakukan secara menyeluruh. “Kita tidak boleh ketinggalan. Sudah banyak aplikasi yang menunjang kinerja peradilan, termasuk di tempat saya yaitu di bagian Umum dan Keuangan. Hanya saja, memang perlu banyak penyesuaian terutama SDM aparatur peradilan yang dituntut untuk banyak belajar dan harus lebih adaptif serta tidak gagap teknologi,’ tuturnya.

 

Dengan adanya peringatan HUT MA RI ke-73 ini segenap Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, CPNS/Calon Hakim, serta karyawan-karyawati Pengadilan Negeri Prabumulih berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas diri dalam menyambut era baru peradilan yang modern ini.