Rapat Monev SIPP

.

Foto Kegiatan

Prabumulih, Senin 13 Januari 2020. Pengadilan Negeri Prabumulih melaksanakan rapat Monitoring dan Evaluasi terhadap sistem informasi penelusuran perkara (SIPP)

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih,  ibu Titis Tri Wulandari, SH., S.Psi.,M.Hum dan diikuti oleh Panitera Bapak Ramli, SH, MH,,Hakim. Selain itu rapat juga dihadiri oleh pejabat Panmud,Panitera pengganti dan Jutusita Pengganti.

Sesuai dengan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum No: 48/DJU/HM02.3/1/2016 tanggal 11 Januari 2011 perihal Implementasi Aplikasi SIPP Pada Administrasi Perkara; serta No: 3/DJU/HM02.3/6/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi di Lingkungan Peradilan Umum, bahwa:

  • Pencatatan perkara harus terlebih dahulu dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) baru kemudian dimasukkan ke dalam register manual;
  • Hasil cetakan Buku Register, jurnal, buku induk keuangan, dan laporan register yang dihasilkan dari aplikasi SIPP, dan yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang, memiliki kekuatan yang sama dengan dokumen yang ditulis dengan tinta;
  • Setiap Pengadilan wajib menggunakan laporan elektronik yang dihasilkan dari Aplikasi SIPP dalam melaksanakan pelaporan perkara ke Pengadilan Tinggi dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum;

Dengan adanya Surat Edaran tersebut maka perlu dilakukan pemeriksaan, monitoring dan evaluasi terhadap ketertiban pengisian data pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Negeri Prabumulih

Dari hasil rapat monitoring dan evaluasi tersebut, Evaluasi Implementasi SIPP Pengadilan Negeri Prabumulih mengalami penurunan dimana disebabkan oleh belum ada nilai kejurusitaan yang artinya belum ada masuk perkara perdata dan permohonan dan juga disebabkan pergantian tahun